Tempat Wisata Di Candi Borobudur

Tempat Wisata Di Candi Borobudur

Tempat Wisata Di Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan kompleks Candi Buddha terbesar di dunia. Tempat wisata di Indonesia ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur sempat terkubur abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.

Tempat wisata di Indonesia ini diperkirakan dibangun pada tahun 824. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi.

Tempat Wisata Di Candi Borobudur

Mitosnya, jika Anda memasukkan tangan ke lubang stupa dan berhasil menyentuh arca yang ada di dalamnya, maka keinginan Anda akan terkabul. Di sini, Anda juga bisa membeli bermacam suvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kipas sampai miniatur Candi Borobudur.

Asal usul nama Candi Borobudur masih menjadi misteri sampai sekarang karena tidak ada bukti baik berupa prasasti atau pun kitab yang menjelaskan nama asli dari Candi ini. Beberapa mitos mengenai asal usul penamaan Candi Borobudur ada yang mengatakan bahwa candi ini berasal dari kata “Samara Budhara” artinya gunung dengan lereng berteras-teras. Sementara itu, ada juga yang berpendapat bahwa asal usul penamaan Borobudur dari ucapan Buddha yang mengalami perubahan.

Tempat Wisata Di Candi Borobudur

Lalu siapa yang memberi nama Candi Borobudur? Berdasarkan sejarahnya, orang pertama yang menyebutkan candi ini dengan nama “Borobudur” adalah Sir Thomas Stanford Raffles. Ia menyebutkan nama Borobudur dari dua kata yaitu Bore dan Budur. Bore memiliki arti Dasa tempat ditemukan candi, sementara budur memiliki arti purba. Pendapat tersebut ditulis dalam bukunya yang berjudul “Sejarah Pulau Jawa”.

Candy borobudur diperkirakan mulai bangunan pada masa dinaspati Syailendra sekitar abad ke-9 di bawah pemerintahan Raja Samaratungga. Arsitek pembangunan kompleks candi bernama Gunadharma yang berhasil merancang bangunan luar biasa ini meskipun tak mengenal sistem komputer dan teknologi canggih lainnya. Pembangunan kompleks candi terbesar ini dapat diselesaikan sekitar 50-70 tahun kemudian. Nama Borobudur berasal dari bahasa Sansekerta ‘Vihara Buddha Uhr’ yang berarti Biara Buddha di Bukit.

Tempat Wisata Di Candi Borobudur

Pada masa itu, Candi Borobudur menjadi pusat kegiatan keagamaan terbesar. Sampai saat masuknya pengaruh Islam pada abad ke-15. Candi ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat yang beralih ke agama Islam. Borobudur semakin terlupakan saat terjadi letusan Gunung Merapi yang membuatnya terkubur abu vulkanik.

Tentunya sangat banyak orang bertadangan hamnya sebagai kunjungan atau liburan di candi Borobudur. Dimana tempat wisata tersebut dapat ditemukan di jawa barat. Sekian dari penjelasan ini tentang tempat wisata asik di candi borobudur yang memiliki keindahan dan tempat yang cukup bagus dan terknal di jawa barat. Demikian dari penjelasan ini semoga bermanfaat bagi anda dan dapat memberikan sedikit wawasan kepada anda.